Home Blogging Wordpress Cara Instal WordPress di Webuzo Panel

Cara Instal WordPress di Webuzo Panel

159
0
Cara Instal wordpress di Webuzo Panel

Cara Instal WordPress di Webuzo Panel – WordPress adalah salah satu platform blogging yang sangat populer. Banyak website-website besar yang sukses menggunakan wordpress. Kesuksesan mereka tidak terbatas dalam menarik pembaca tetapi juga sukses dalam membuat blog mereka menghasilkan uang.

WordPress adalah software open source, yang bisa Anda install di akun hosting Anda. Webmaster biasanya menggunakan WordPress untuk membuat berbagai macam jenis website. Mulai dari blog sederhana hingga website e-commerce yang kompleks – semuanya bisa dibuat dengan menggunakan WordPress. Karena kesederhanaan dan kemudahannya, WordPress telah menjadi salah satu CMS yang paling populer. Selain itu, CMS ini pun tidak memerlukan pengetahuan tingkat tinggi untuk diinstall.

Sebagai salah satu platform yang populer, wordpres memiliki banyak keunggulan dalam hal optimasi SEO. Hal tersebut didukung dengan ketersediaan banyak plugin SEO yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna wordpress. SEO merupakan kebutuhan penting yang memberikan unsur penting terkait popularitas sebuah blog/bisnis online di mesin pencari, jumlah pengunjung, serta hal-hal signifikan yang dibutuhkan setiap blog/website.

Bagi anda yang berniat mengunakan wordpress sebagai platform blogging anda, melalui artikel ini saya akan pandu cara menginstal wordpress di Webuzo. Jika anda menggunakan VPS, maka pastikan dahulu webuzo telah terinstal di VPS anda. Untuk caranya, silahkan baca Cara Install Webuzo Panel di VPS CentOS 7.

Persiapan Instal WordPress di Webuzo Panel

Sebelum menginstal wordpress, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Yang pertama pastikan anda sudah memiliki domain. Anda bisa membeli domain murah di Niagahoster.co.id, atau anda juga bisa membeli domain tersebut di Hostgator. Sebenarnya banyak penyedia domain, tetapi yang saya sebutkan diata adalah penyedia domain murah yang saya ketahui.

Setelah anda pastikan telah memiliki domain, pastikan juga anda telah menyewa hosting untuk server anda. Anda bisa membeli hosting di Hostgator ataupun di Niagahoster. Tetapi saya sarankan untuk hosting, sebaiknya anda memilih menggunakan VPS dari VULTR karena memiliki banyak kelebihan. (Baca review VULTR).

Jika anda telah memiliki domain dan VPS dari VULTR, pastikan pastikan domain dan VPS tersebut sudah terhubung. Jika belum, silahkan baca cara menghubungkan domain ke VPS VULTR.

Mengenal Webuzo

Sebelum saya bahas cara instal wordpress di webuzo Panel, kita harus tau dulu apa itu. Webuzo adalah single user kontrol panel untuk VPS yang sangat mudah digunakan yang memiliki banyak kelebihan sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan. Perbedaan mendasar antara Webuzo dan cPanel adalah jumlah user. Pada cPanel, Anda dapat membuat banyak user dan reseller dan masing-masing user tersebut memiliki cPanel.

Hal tersebut tidak dapat dilakukan di Webuzo karena Webuzo adalah single user kontrol panel dan hal inilah yang menjadi kelebihan termasuk kekurangan Webuzo dibandingkan cPanel. Dianggap sebagai kelebihan karena akan semakin ringan dan cepat sedangkan dianggap kekurangan karena hanya dapat digunakan untuk satu user. Dengan menggunakan webuzo maka Anda dapat dengan mudah mengelola VPS layakanya seperti pada cPanel.

Webuzo didirikan oleh Pulkit Gupta sebagai CEO bersama teamnya di India. Webuzo dijalankan di bawah perusahaan Softaculous yang saat ini telah menjadi layanan Auto Installer terbesar di dunia dan paling banyak digunakan oleh layanan web hosting termasuk di Indonesia. Profil lengkap webuzo dapat di lihat di SINI.

Webuzo sendiri memiliki versi gratis dan berbayar. Untuk versi yang berbayar harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan lisensi cPanel dengan fitur yang tidak kalah bagus.

Kelebihan Webuzo

Webuzo memiliki fitur yang sangat lengkap dan mudah digunakan. Berikut adalah beberapa fitur unggulan dan kelebihan webuzo sebagai kontrol panel VPS dibandingkan kontrol panel VPS lainnya.

  • Instalasi Mudah – Berdasarkan pengalaman kami, webuzo adalah kontrol panel VPS yang paling mudah instalasinya. Anda cukup menjalankan satu perintah saja untuk menyelesaikan instalasinya :).
  • Apps yang lengkap – Salah satu keunggulan webuzo adalah Apps yang sangat lengkap seperti Apache, PHP, MySQL, PhpMyAdmin dan lain-lain. Dengan Apps ini memungkinkan kita menginstal aplikasi server seperti apache dengan hanya sekali klik tanpa SSH atau konsol sehingga sangat memudahkan untuk pemula. Fitur ini belum pernah kami temukan di Kontrol Panel manapun bahkan di cPanel yang merupakan versi berbayar dan cukup mahal. Silakan cek daftar Apps Webuzo yang ditawarkan.
  • File Manager – Dengan File Manager maka akan memudahkan kita untuk melakukan editing file website kita secara mudah. Meski kami sendiri lebih senang menggunakan FTP, namun File Manager tetap sering menjadi fitur yang sangat penting bagi para pemula.
  • Ringan dan Cepat – Panel Webuzo sangat ringan untuk dijalankan dan menggunakan php-fpm dan nginx sebagai backendnya sehingga hanya membutuhkan resource yang sangat sedikit untuk dijalankan.
  • Import dari cPanel – Hal yang menjadi alasan banyak pengguna shared hosting malas pindah ke VPS adalah memindahkan data. Dengan fitur ini, para pengguna Webuzo dapat melakukan migrasi dengan mudah meski tetap ada beberapa langkah yang harus dilakukan secara manual.

Itulah sedikit mengenai webuso. Dan jika sudah siap, sekarang saatnya kita ketahui cara instal wordpress di Webuzo panel. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menginstal wordpress, tetapi cara instal wordpress di Webuzo panel ini adalah cara mudah yang selalu digunakan banyak pengguna wordpress.

Cara Instal WordPress di Webuzo Panel

1. Pastikan anda sudah login dihalaman webuzo panel dengan mengakses http://ip.adress VPS anda:2002

2. Pada panel sebelah kiri, pilih Blogs, kemudian klik wordpress. Anda akan dihadapkan pada tampilan wordpress seperti gambar berikut ini.

Cara Instal WordPress di Webuzo panel3. Selanjutnya klik “Instal Now“. Pada bagian Software Setup, sesuaikan protocol apa yang akan anda gunakan. Jika anda sudah menginstal SSL pada domain anda maka sebaiknya gunakan HTTPS. Pada kolom “Choose Domain”, sesuaikan dengan domain yang terinstal pada webuzo panel anda. Kemudian kolom “Directory”, sebaiknya kosongkan saja.

Cara Instal WordPress di Webuzo panel4. Selanjutnya pada pengaturan situs, isikan dengan judul situs anda beserta deskripsinya. Pada bagian Admin Account, isikan dengan username yang akan anda gunakan beserta paswwordnya. Usahakan jangan menggunakan username “admin” karena sangat rawan bagi keamanan situs anda. (Baca: Cara Ampuh Mengamankan WordPress Dari Hacker). Jangan lupa untuk mengisi alamat email yang akan digunakan sebagai alamat email admin.

Cara Instal WordPress di Webuzo panel

5. Lanjut ada bagian “advanced options”, silahkan sesuaikan pengaturannya seperti gambar berikut. Untuk Table Prefix, usahakan menggunakan kombinasi simbol yang unik.

webuzo advanced options 6. Kemudian bagian terakhir, silahkan pilh tema standar yang akan digunakan. Anda juga bisa masukkan alamat email untuk pemberitahuan jika wordpress telah sukses di instal. Kemudian klik INSTAL. Anda akan melihat proses instalasi wordpress. Waktu yang dibutuhkan tergantung kecepatan jaringan internet anda. Normalya tidak sampai 5 menit.

Cara Instal WordPress di Webuzo panel

Sampai disini, instalasi wordpress anda terlah selesai. Anda telah berhasil menginstal wordpress di VPS dengan menggunakan Webuzo panel. Silahkan akses beranda wordpress dengan https://domainanda/wp-admin untuk melakukan pengaturan lanjutan pada wordpress.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here