Home Blogging Cara Menghapus Kolom URL Di Kotak Komentar WordPress

Cara Menghapus Kolom URL Di Kotak Komentar WordPress

85
2
komentar spam

Cara Menghapus Kolom URL Di Kotak Komentar WordPress – Salah satu strategi untuk menghindari komentar spam adalah dengan cara menghapus kolom URL di kotak komentar wordpress. Dengan cara menghapus kolom URL di kotak komentar wordPress tentunya dapat meningkatkan polaritas blog kita karena terhindar dari spam.

Komentar spam adalah komentar sampah yang selalu dihindari para pemilik blog. Komentar spam bisa diartikan serta diwujudkan dalam banyak bentuk dan cara. Jika dibahas tentu tidak cukup satu halaman ini berbicara. Akan tetapi, jika dibicarakan secara general, komentar spam berarti komentar yang tidak diharapkan, tidak berkaitan, serta tidak ditujukan untuk merespon atau mendiskusikan sebuah pembicaraan di dalam artikel/posting blog. Tujuannya hanyalah untuk meninggalkan “jejak”, berpromosi tanpa cara yang layak, dan yang terakhir, untuk meninggalkan link spam.

Spam secara umum memiliki tujuan yang hampir sama, tetapi melalui banyak media seperti email, facebook message, status, aplikasi, tweet, SMS, dan banyak lagi. Tujuan utamanya untuk menggapai pelanggan secara untung-untungan dan untuk membahayakan orang lain (phising, malware, virus, scam, dll). Jadi, pada intinya, segala sesuatu dalam bentuk pesan yang dikirimkan tanpa otorisasi dan atau tidak diharapkan disebut sebagai SPAM.

Jika sebuah blog banyak memiliki url spam maka tentunya akan menurunkan reputasinya di mesin pencari. Berikut hal hal yang dapat diakibatkan oleh komentar spam.

1. Komentar spam merusak reputasi

Bayangkan seorang pengunjung datang dan membaca halaman posting anda, seperti yang saya lakukan di atas. Si pengunjung kemudian melihat komentar-komentar spam di bawahnya. Dia akan berpikir panjang untuk meninggalkan komentar, karena komentarnya “hanya” akan dinilai “kecil” di antara komentar-komentar spam tersebut. Kepercayaannya pada anda pun menurun karena faktor manajemen blog dan otoritas. Demikian juga bagi spammer. Kepercayaan orang terhadapnya juga menurun. Semakin banyak spam yang dibuat olehnya, semakin turun reputasinya, karena dia semakin dikenal sebagai spammer. Bahayanya, jika ternyata si spammer mengusung produk atau website lain (misalnya sebagai jasa backlink spam), produk dan website yang semestinya tidak bersalah ikut terkena imbasnya.

2. Komentar spam menurunkan ranking SEO

Anda pun sudah jelas tahu dan melihat bahwa Google menurunkan ranking situs-situs yang mengarahkan link pada situs-situs berkualitas rendah, dan juga situs-situs berkualitas rendah itu sendiri. Ini berkaitan dengan isi komentar yang sama sekali tidak relevan dengan isi artikel/posting. Artinya komentar tersebut memang bukan ditujukan untuk mendiskusikan atau merespon isi, tapi hanya sekedar untuk berpromosi, meninggalkan jejak, dan tujuan-tujuan buruk lainnya.

Komentar tidak relevan membuat konsistensi dan relevansi konten dalam sebuah halaman menurun. Semakin banyak spam, semakin menurun relevansinya. Efeknya jelas kepada ranking.
Spammer seringkali menggunakan fitur komentar untuk membangun link situs yang diragukan kualitasnya guna meningkatkan ranking.

Google memiliki pemahaman grafik link web, dan memiliki algoritma untuk mendeteksi dan menangani link spam. Spammer bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga seharian untuk meninggalkan jejak link di berbagai artikel blog. Sebenarnya ini sia-sia saja, karena pengaruhnya hanya kecil sekali bahkan tidak ada karena Google sangat jeli untuk tidak memberikan bobot nilai pada link-link semacam ini. Daripada menghabiskan waktu dan energi sia-sia seperti itu, lebih baik manfaatkan untuk menciptakan produk konten yang bermanfaat bagi masyarakat internet.

Yang perlu diperhatikan adalah pada situs yang mengandung link-link spam. Meskipun situs itu tidak bersalah, bahkan tidak tahu, namun visibilitas dan rankingnya bisa menurun drastis karena link-link tersebut. Jadi jika website anda menerima link-link semacam ini, dan jumlahnya semakin menggunung, maka peringkat atau ranking anda terancam. Ratusan link, meskipun nofollow, tetap akan berbahaya karena ini menunjukkan ketidakwajaran sebuah halaman web. Memberikan rujukan kepada ratusan link eksternal dan tidak relevan bukan hal yang baik dan wajar, baik di mata manusia maupun search engine. Apalagi jika komentar web anda dofollow, bisa anda bayangkan sendiri efeknya.

3. Komentar spam melukai dunia Blogger

Menurut saya, seorang blogger tidak hanya bertanggung jawab pada blognya sendiri namun juga kepada seluruh dunia blogger. Jika sebuah blog memperbolehkan komentar spam dan membiarkannya terjadi, maka artinya dia memberikan pemahaman pada para spammer bahwa mereka boleh melakukan apapun yang mereka suka pada blog-blog lainnya.

Jika seorang blogger memiliki kebiasaan melakukan spam, maka dia memberi signal pada dunia internet bahwa semua blogger juga melakukan hal yang sama, sekaligus memberi contoh negatif permisif bahwa melakukan spam pada komentar adalah hal wajar. Semua berawal dari satu, kemudian menjamur menjadi sebuah kewajaran.

Ini tentu benar-benar melukai dunia blogger dimana para blogger seharusnya bisa bertemu, berdiskusi, berbagi ide, dan bersosialisasi secara nyaman.  Saya bisa bayangkan betapa banyaknya blog mati setiap harinya masih rutin dibombardir oleh spam. Bahkan ada banyak pula blog yang mati karena spam!

Bagi para pengguna wordpress, untuk mengatasi komentar spam dengan cara manual adalah sebagai berikut.

/*-------------------------------------------------------*/
 /* Kode Untuk Mengapus Kolom URL Komentar
 /*-------------------------------------------------------*/
 function wpb_alter_comment_form_fields($fields) {
 $fields['url'] = '';
 return $fields;
 }
 add_filter('comment_form_default_fields',
 'wpb_alter_comment_form_fields');

Kode tersebut kita sisipkan di dalam file functions.php tema yang kita gunakan melalui cPanel hosting atau lebih mudahnya dari dashboard wp-admin. Maka jika kita sudah memasang kode tersebut, nanti kolom pengisian alamat website yang berada di kotak komentar WordPress akan hilang. Yang tersisa hanyalah kolom Nama, kolom Email, dan kolom Komentar.

Kesimpulan

Komentar bisa menjadi sumber informasi yang baik dan menjadi alat berdiskusi dengan pengunjung, pembaca, atau sesama blogger. Konten yang relevan dan sangat bermanfaat seperti ini tidak boleh diisi dengan keyword-keyword dan link-link sampah. Oleh karena itu, sebagai wacana dan saran, sebaiknya anda mereview kembali fitur komentar blog anda demi kebaikan perkembangan web/blog, pengunjung, ranking web/blog, dan juga dunia internet pada umumnya.

2 COMMENTS

  1. Hi mas Odingk

    Saya juga sebenarnya berniat untuk menghapus kolom website di komentar. Apalagi situs saya cukup sering mendapat komentar yang cuma ingin mengincar backlink saja. Tapi kalau dihapus, nggak enak sama blogger lain yang memang serius blogwalking dan bersilaturahmi 🙂

    • Halo juga mas Syafiq..
      Saya juga pernah terapkan ini, tapi saya fikir blog ini masih baru, jadi perlu menjalin silaturahmi dgn blogger lain. Jadi akhirnya saya batalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here