Beranda Lifestyle Kesehatan Inilah 10 Virus Lebih Mematikan Dari HIV

Inilah 10 Virus Lebih Mematikan Dari HIV

117
0
virus berbahaya

Mendengar kata virus, tentu kita segera mengatakan beberapa nama virus mematikan didunia yang popular sekarang ini seperti virus HIV atau virus Zika yang belakangan ini mendunia.

Tetapi, nyatanya masih tetap ada yang lebih beresiko seperti 10 virus paling mematikan didunia ini. Virus sendiri adalah parasit memiliki ukuran mikroksopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus cuma dapat bereproduksi didalam material hidup.

Oleh karenanya, ia menginvasi serta memakai sel makhluk hidup untuk berkembang biak. Terdapat beberapa virus didunia ini. Dari yang umum hingga yang mematikan. Virus apa sajakah yang paling mematikan itu?

Inilah daftar 10 virus paling mematikan didunia

10. Virus Demam Berdarah

Demam berdarah yaitu penyakit yang senantiasa masuk 10 penyakit beresiko didunia, terlebih di daerah tropis.

Disebarkan oleh nyamuk, demam berdarah dapat berlangsung pada 50 hingga 100 juta orang dalam satu tahun.

Bahkan juga ada dua miliar orang yang tinggal di negara tropis terancam demam berdarah.

9. Kyasanur Forest Virus (KFD)

Virus KFD yaitu virus yang diketemukan di rimba pantai barat daya India pada th. 1955.

Virus ini disebarkan oleh kutu serta menurut beberapa ilmuwan, mereka susah temukan siapa yang menebarkannya.

Tapi mereka mengasumsikan hewan-hewan seperti tikus, burung, serta babi jadi calon terbesar penebar virus ini.

Bila terinfeksi virus ini, pasien juga akan alami demam tinggi, sakit kepala, serta nyeri otot bahkan juga mengakibatkan pendarahan.

8. Virus Machupo

Virus mematikan ke delapan berkaitan dengan demam hemoragik di Bolovia. Nama yang lain yaitu typhus black. Pasien yang terinfeksi juga akan alami demam tinggi serta dibarengi pendarahan berat. Virus ini bisa disebarkan dari manusia ke manusia atau ke binatang.

7. Virus demam Crimean-Congo

Serupa dengan virus Ebola serta virus Marburg yang menjalar di Afrika, virus ini disebarkan oleh kutu.

Sesudah hari pertama terinfeksi, pasien juga akan alami pendarahan di bagian-bagian badan seperti muka, mulut, serta faring (sisi dari ke-2 pencernaan serta system pernafasan).

Terkecuali di Afrika, virus ini menebar di Baklan, Timur Tengah, serta Asia. 10-40 persen pasien wafat karena virus ini.

6. Virus Junin

Virus Junin berkaitan dengan deman berdarah di Argentina. Namanya Junin di ambil dari kota Junin, tempat pertama masalah ini dilaporkan sekitaran th. 1958.

Orang yang terinfeksi virus ini juga akan menanggung derita peradangan jaringan, sepsis (dimana badan bereaksi hebat pada bakteria), serta pendarahan kulit. Virus ini susah dideteksi karna tandanya begitu umum seperti demam umum.

5. Virus Lassa

Orang yang pertama terinfeksi virus ini yaitu seseorang perawat di Nigeria. Virus ini disebarkan oleh hewan pengerat. Seringkali berlangsung di banyak wilayah benua Afrika seperti Afrika Barat.

Sebagian spesies hewan pengerat yaitu tikus, tupai, marmot, hamster, serta babi. Beberapa ilmuan berasumi 15 % dari hewan pengerat di Afrika Barat membawa virus ini.

4. Virus Flu Burung

Nama virus H5N1 ini booming pada awal th. 2000-an. Dilaporkan sekitaran 70% kematian dikarenakan dari virus yang bermula dari unggas ini. Tiap-tiap orang dapat terinfeksi bila lakukan kontak segera dengan unggas serta beberapa besar masalah keluar di Asia. Di Indonesia sendiri, virus paling banyak datang dari ayam.

3. Virus Hanta

Nama virus ini tidak sering terdengar, tapi virus ini tempati tempat tiga jadi virus paling mematikan didunia. Tentara Amerika Serikat diprediksikan jadi orang pertama yang terinfeksi.

Ia terinfeksi sepanjang perang di Korea pada th. 1950. Virus ini ada pada hewan-hewan pengerat serta kotorannya.

Tandanya seperti penyakit paru-paru, demam, serta tidak berhasil ginjal.

2. Virus Ebola

Virus Ebola tempati tempat ke-2 jadi virus paling mematikan didunia. Telah lima negara yang telah masuk jadi negara wabah yakni Zaire, Sudan, Tai Forest, Bundibugyo, serta Reston. Angka kematian virus ini menjangkau 90%.

Hingga sekarang ini sebagian negara di Afrika seperti Guinea, Sierra Leone, serta Liberia masih tetap alami kemelut karna ada potensi masuk kelompok negara wabah serta dilarang masuk oleh sebagian WHO.

1. Virus Marburg

Serta virus paling beresiko serta mematikan didunia yaitu virus Marburg. Virus ini pertama kalinya diketemukan pada th. 1967 di kota Marburg serta Frankfrut.

Beberapa pekerja industri yaitu yang paling banyak terserang virus ini. Ada sekitaran 31 orang serta tujuh orang salah satunya wafat dunia. Virus ini serupa virus deman berdarah, tapi tandanya serupa virus Ebola.

Pasien yang terinfeksi juga akan alami kejang-kejang serta pendarahan di selaput lendir, kulit, serta organ. Tingkat kematiannya menjangkau 90%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here