Beranda Blogging Hosting Inilah 5 Persepsi yang Salah Tentang Cloud Server

Inilah 5 Persepsi yang Salah Tentang Cloud Server

90
0
cloud server

Inilah 5 Persepsi yang Salah Tentang Cloud Server – Cloud Server mungkin masih samar terdengar bagi orang awam. Tetapi keberadaan Cloud server di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti penggunaan email dan juga media sosial. Secara umum, definisi Cloud server (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkoneksi melalui internet menggunakan Cloud server. Salah satu layanan yang menyediakan cloud server adalah VULTR.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet. Cloud Server ini sangat baik untuk mengelola sebuah website, tetapi ada saja yang masih mempunyai persepsi yang salah tentang cloud Server.

Berikut Ini 5 Persepsi yang Salah Tentang Cloud Server.

1. Cloud Provider membackup data Anda

Jika anda berpersepsi bahwa ketika anda menyewa server cloud ke suatu perusahaan cloud provider lantas anda beranggapan perusahaan cloud provider itu membackup data di server anda, itu salah. Layanan backup data maupun solusi DRC biasanya dijual terpisah. Berlangganan cloud server itu sama seperti anda menyewa server fisik. Yang menjadi tanggung jawab cloud provider adalah uptime dari server, isi data di dalam server tersebut adalah tanggung jawab anda. Oleh karenanya anda tetap harus membackup data tersebut walaupun datanya berada di server cloud.

2. Cloud Server anda punya bandwith internet unlimited

Jika anda berpersepsi setelah menyewa server di public cloud, maka server anda dapat akses ke dan dari internet dengan bandwith unlimited karena server anda sudah ada di internet, maka anda salah. Cloud provider memang punya akses internet besar, tapi untuk tiap server virtual pelanggan pasti akan dibatasi karena akses tersebut harus dibagi-bagi untuk semua server pelanggan dan kebutuhan internal mereka. Jadi teliti dahulu bila mendengar iming-iming bandwith tak terbatas.

3. Cloud Server anda fleksibel dapat mengikuti kebutuhan anda

Salah satu motivasi orang menggunakan public cloud adalah karena fleksibilitasnya. Tidak seperti infrastruktur fisik yang butuh waktu lama dimana anda harus beli dulu hardware server, beli license, instalasi dan configure termasuk network LAN dan langganan akses Internetnya maka dengan server cloud dalam waktu singkat anda sudah dapat memenuhi kebutuhan layanan server dengan OS yang anda butuhkan dan koneksi internet. Namun bila anda butuh fleksibilitas lebih dari itu, tidak semua provider cloud di Indonesia dapat menyediakan. Seperti contohnya tidak semua provider public cloud memberikan layanan On Demand. Dimana anda bisa menaik-turunkan resource, kembang dan ciutkan jumlah server, hidup-matikan server sesuai kebutuhan anda dan membayarnya sesuai pemakaian tersebut. Karena masih ada provider public cloud yang menjual dengan system paket jadi, dimana anda harus berlangganan sesuai paket tersebut dan untuk mengubah resource server anda harus repot berpindah paket.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here